Berkat dan Pengharapan Yang Sesungguhnya - Renungan Kristen Hari Ini

Berkat dan Pengharapan Yang Sesungguhnya - Renungan Kristen Hari Ini

Thegideons.my.id - Berkat dan Pengharapan Untuk Kamu - Renungan Kristen Hari Ini. Apa itu berkat menurut Alkitab?

kata benda. tindakan atau kata-kata orang yang memberkati. bantuan khusus, belas kasihan, atau manfaat: berkat kebebasan. nikmat atau karunia yang dianugerahkan oleh Tuhan, sehingga membawa kebahagiaan. 

Kata “berkat” cukup sering digunakan di kalangan Kristen. Ketika hidup berjalan dengan baik, dan kita memiliki banyak hal baik di sekitar kita, kita mengatakan bahwa kita "diberkati."

Kita memohon kepada Tuhan untuk memberkati hidup Kita, mengirimkan hal-hal baik kepada Kita, dan Kita berterima kasih atas berkat-Nya.

Namun kata “berkah” tidak hanya berarti sesuatu yang baik dalam hidup kita. Kita mungkin diberkati dengan anak-anak, dengan pekerjaan yang kita cintai, dengan atap di atas kepala kita, dengan makanan enak di lemari es kita. 

Tapi berkat lebih dari itu. Mereka lebih dari sekadar hal-hal baik yang jatuh ke pangkuan kita seperti manna dari surga.

Berkat dan Pengharapan Yang Sesungguhnya

Baca dengan nyaring:  Lukas 2:1-20

"Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepadaNya."  Lukas 2:14


Alkitab menyatakan:  "...Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betleham, - karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud - supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.  Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin,"  (ayat 4-6).  

Bukan suatu kebetulan jika Yesus dilahirkan di Betlehem;  semua dalam rencana Allah.  Dalam bahasa Ibrani, nama 'Betlehem' berarti 'rumah roti', berbicara tentang berkat Tuhan.  

Di Betlehem inilah Allah menyediakan berkat-berkat bagi umat manusia sebagaimana disampaikan malaikatNya,  "...aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:  Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud" (ayat 10-11).  

Inilah inti berita Natal yaitu kehendak Allah sendiri untuk memberikan anugerahNya bagi setiap orang yang percaya (baca Yohanes 3:16).

Di Betlehem Allah telah mendemonstrasikan kasihNya yang tak terbatas, di mana Ia menjadi sama dengan manusia.  Suatu perkara yang tidak bisa dimengerti oleh orang-orang dunia:  kasih Allah juga mengandung janji yang pasti yaitu jaminan hidup kekal bagi setiap orang yang percaya.  

"Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."  (Yohanes 3:36).

Kehadiran Yesus Kristus ke dunia memberikan pengharapan baru dan juga masa depan.  

Ketika dunia diliputi oleh kegelapan yang begitu pekat, Yesus hadir dengan terangNya yang ajaib.  Hari ini, "Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia."  (Yohanes 1:9).  

Kini kegelapan tidak lagi menguasainya!  Maka dari itu bersukacitalah dan "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana,"  (Lukas 2:15b)

Lihatlah!  Para gembala dan orang-orang Majus datang ke Betlehem.  Mereka tidak datang dengan tangan hampa, tapi yang terbaik dari hidupnya mereka persembahkan kepada Tuhan!

Kita dapat melihat dalam berkat-berkat dalam Alkitab janji Allah akan kelimpahan, kesembuhan, belas kasihan, keadilan, dan kedamaian. 

Kita dapat melihat sekilas pemulihan, hal-hal sebagaimana mestinya, dan hal-hal sebagaimana adanya pada akhirnya akan selamanya.

Berkat dan Pengharapan Yang Sesungguhnya - Renungan Kristen Hari Ini
Kita, sebagai pengikut Kristus, dipanggil untuk membawa berkat-berkat itu ke dunia, untuk menunjuk kepada Kerajaan Allah dan untuk mulai membangun Kerajaan itu di sini dan sekarang, kita diberitahu untuk membawa sekilas Kerajaan Allah ini ke dalam kehidupan orang lain – bahkan musuh kita – dan untuk berdoa memohon berkat atas hidup kita sendiri dan hidup orang-orang di sekitar kita.

Bagaimanapun juga, Yesus memerintahkan kita untuk berdoa: “Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu…”

Belum ada Komentar untuk "Berkat dan Pengharapan Yang Sesungguhnya - Renungan Kristen Hari Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel